Agustus 13, 2023

MENGAPA FULL ASI TETAP BISA TERJADI KARIES GIGI?

Masih banyak nih balita yang sudah diberikan ASI Eksklusif tetapi tetap saja giginya berlubang. 

Apa sih penyebab nya buns? Yuk kita ulik bersama!



Asi eksklusif merupakan sumber nutrisi bagi bayi tanpa diberikan makanan ataupun minuman tambahan lainnya selama 6 bulan.

Balita yang meminum Asi Eksklusif dapat memengaruhi kesehatan giginya. Asi mengandung asam lemak esensial, misalnya DHA, EPA, ALA, dan omega-6 yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Asi juga mengandung laktosa atau gula susu, tetapi juga terdapat kandungan igA dan igG, yang merupakan antibodi untuk mencegah terjadinya gigi berlubang. Namun kenapa masih terdapat gigi berlubang pada anak yang meminum asi eksklusif? Karena terdapat faktor lain yang dapat memengaruhi terjadinya gigi berlubang yaitu :


1. Kurang Memperhatikan Kebersihan Gigi Anak


Perilaku dalam membersihkan gigi anak paling umum yaitu menggosok gigi. Orang tua perlu memperhatikan kebersihan anak secara maksimal dan perlu kesabaran dalam melatih anak supaya terbiasa untuk membersihkan giginya. Apalagi pada saat malam hari mau tidur termasuk waktu yang wajib untuk menggosok gigi walaupun anak kurang kooperatif tetapi tetap harus dilakukan. Karena pada saat malam hari sisa makanan banyak yang menempel di gigi dan ditambah juga dengan susu penghantar tidur anak yang dapat membuat gigi berlubang.


2. Pola Makan Kariogenik


Makanan kariogenik adalah jenis makanan manis dan lengket yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Setelah anak mendapatkan makanan pendamping ASI banyak bunda-bunda yang memberikan berbagai macam jenis makanan dan cemilan kepada anak dengan rasa yang cenderung lebih manis. Jika makanan manis terlalu sering diberikan kepada anak maka akan meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang.


3.Struktur Gigi Anak



Anak yang memiliki susunan bentuk gigi yang kurang beraturan dapat meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang karena akan memengaruhi dalam pembersihan gigi yang kurang optimal. Susunan gigi anak juga dipengaruhi oleh proses remineralisasi saat berada di kandungan serta dipengaruhi oleh genetik. Sehingga jika anak memiliki lapisan email yang kuat dan mudah rapuh maka pemberian ASI eksklusif pun akan sulit untuk mencegah terjadinya gigi berlubang pada anak.


4. Keterpaparan Fluoride 



Kandungan fluoride bisa didapat dari pasta gigi. American Academy Pediatric Dentistry dan Kemenkes menganjurkan menggunakan pasta gigi Fluoride sejak gigi pertama tumbuh, cukup sebesar biji beras saja untuk anak yang belum bisa kumur, dan sebesar biji jagung untuk anak yang sudah bisa kumur. Fluoride memiliki peran penting dalam memperkuat gigi supaya terhindar dari gigi berlubang.


Maka dari itu penting untuk memahami kesehatan gigi terhadap anak khususnya karies gigi supaya dapat mencegah sejak dini. 

Demikian penjelasan dari kami mengenai pengaruh asi eksklusif terhadap gigi berlubang pada anak. Tetap selalu jaga kesehatan gigi ya bunss😁

Semoga bermanfaat 😊

https://vt.tiktok.com/ZSNR3tKuF/


Dikutip dari : 

https://www.rskariadi.co.id/news/311/Karies-Gigi-Asi-dan-MPASI/News#:~:text=ASI%20mengandung%20laktosa%20yang%20berguna,dapat%20menyebabkan%20kerusakkan%20pada%20gigi.

https://kidzdental.co.id/2019/05/apakah-asi-menyebabkan-gigi-berlubang/ 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar