November 07, 2023

SEBERAPA PENTINGKAH UKGMD?

        



Apa sih UKGMD itu?

UKGMD (Usaha Kesehatan Gigi Masyarakat Desa) adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut.

UKGMD dilakukan dengan memberdayakan masyarakat dengan membentuk kader khusus kesehatan gigi di dalam kegiatan promotif dan preventif. Kader disini tidak hanya kader posyandu saja, tetapi bisa juga dari kelompok karang taruna dan guru SD.

Lalu apa saja tugas kader kesehatan gigi?
1. Tugasnya yaitu mengedukasi masyarakat serta memberi peringatan mengenai petingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut supaya masyarakat semakin sadar dan perilaku pelihara diri meningkat.
2. Sebagai penghubung antara masyarakat di lingkungannya dengan puskesmas setempat dalam kesehatan gigi
3. Membentuk pelaksanaan program kesehatan gigi dari puskesmas setempat
4. Melakukan pelaksanaan kesehatan gigi sederhana
5. Melakukan pencatatan dan pelaporan keadaan gigi masyarakat

Sebelum kader melakukan tugasnya, mereka diberikan pelatihan terlebih dahulu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam menangani masalah kesehatan gigi dasar dan rujukan sederhana di masyarakat.

Kegiatan di dalam UKGMD meliputi :

1. Pemeriksaan gigi sederhana

















2. Edukasi ke masyarakat 


3. Penyuluhan kesehatan gigi 











4. Pelatihan Kader


















5. Rujukan sederhana














Jadi, seberapa penting UKGMD itu?

UKGMD merupakan suatu inovasi yang dapat meningkatkan derajat kesehatan gigi masyarakat. Maka dari itu, UKGMD penting untuk diterapkan di semua Posyandu maupun sekolahan karena tidak hanya dapat membantu permasalahan kesehatan gigi di masyarakat daerah itu sendiri tetapi juga membantu program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar